MANAJEMEN PEMASARAN
TARAKUSUMA INDAH MERAJAI PASAR
PERHELMAN
Dosen Pembimbing : Sri Hardjanti, S
ANGGOTA KELOMPOK 1:
1)
FARIKHAH
MAYA AUDINA (11311552)
2)
INDAH
PURNAMA SARI (11311570)
3)
PRASETYO
AJI NUGROHO (11311584)
4)
NUGROHO
NUR CAHYADI (11311587)
5)
WIWIN
SETYOWATI (11311603)
EKONOMI
MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN
AJARAN 2011/2012
PENDAHULUAN
Sepeda motor sebagai alat transportasi yang
cepat dan efisien sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari keseharian sebagian
besar masyarakat di Indonesia saat ini. Dengan menggunakan sepeda motor sebagai
modal transportasi maka kendala waktu dan jarak dapat diatasi dengan mudah,
terutama bagi masyarakat perkotaan yang selalu dalam himpitan kemacetan
lalu-lintas. Di lain pihak, sepeda motor adalah modal transportasi yang
memiliki tingkat resiko paling tinggi dalam kecelakaan lalu-lintas tapi juga
memiliki tingkat proteksi yang paling rendah terhadap pengendaranya, terutama
proteksi terhadap kepala pengendara, yang merupakan asset paling berharga
manusia.
Dengan menggunakan sepeda motor yang memiliki
banyk resiko, tentu kita membutuhkan alat pelindung agar mengurangi resiko tersebut. Disinilah peran
helm sangat penting . PT Tarakusuma Indah merupakan produsen helm terbesar di
Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam keselamatan berkendara motor
di jalanan .
LATAR BELAKANG
Di sinilah PT Tarakusuma Indah hadir untuk
memenuhi kebutuhan akan alat proteksi pengendara tersebut, yaitu helm. Bagi PT Tarakusuma
Indah, helm bukanlah sekedar alat proteksi belaka, tapi juga harus dapat
memberikan kenyamanan dan keindahan estetika bagi pemakainya. Dengan
sertifikasi berstandar nasional maupun internasional, helm-helm produksi PT
Tarakusuma Indah memberikan perlindungan maksimal bagi pemakainya dalam
mengantisipasi dan mengurangi tingkat cidera kepala yang fatal akibat benturan
dalam kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan sepeda motor.
Trend
dunia fashion yang semakin berkembang juga mulai merambah ke perangkat atau
apparel berkendara, termasuk helm. Kondisi seperti itu diakomodir PT Tarakusuma
Indah, dengan tetap mengedepankan safety, helm-helm produksi PT Tarakusuma
Indah memiliki style yang selalu menjadi trend-setter di Indonesia. Dengan
bentuknya yang aerodinamis, modern dan kenyamanan maksimal, dilengkapi dengan
design grafis yang sangat elegan, tersedia dalam berbagai ukuran, nyaman serta
pas dengan bentuk kepala para penggunanya, hal ini menjadikan helm-helm
produksi PT Tarakusuma Indah sebagai teman setia pengendara sepeda motor dalam
berbagai aktifitas, dimanapun dan kapanpun. Sebuah perwujudan keamanan
berkendara yang dibalut dengan estetika seni yang tinggi dan kenyamanan dalam
memakainya menyatu dalam produk-produk PT Tarakusuma Indah.
RUMUSAN MASALAH
1. Konsep pemasaran apakah yang dipakai PT
Tarakan Kusuma Indah?
2. Siapakah yang menjadi segmen utama dari PT
Tarakan Kusuma Indah?
3. Bagaimana strategi marketing mixnya ?
4. Apa saja masalah yang dihadapi PT Tarakusuma
Indah?
5. Bagaimanakah eksistensi helm-helm TI untuk
waktu yang akan datang ?
ISI
Dalam
sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena
pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan. Inovasi dan
kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang ditawarkan
bisa bertahan dan diminati.
Bicara
soal konsep pemasaran , itu merupakan salah satu konsep yang dilakukan
Tarakusuma . Hal ini dibuktikan dengan , Tarakusuma sengaja menggarap sejumlah
komunitas untuk menjadi duta merk (brand-ambassador)-nya. Untuk memasarkan
produknya, Tarakusuma Indah menggandeng 11 komunitas sepeda motor , yaitu :
Tiger Assosiation Bandung, Bekasi Tiger Club, Honda Rider on Internet, Honda
Supra X 125 community, Yamaha Vixion Club , MailingList Yamaha Scorpio , Honda
Beat Club , Suzuki Thunder 125 , Honda Mega Pro Club , The New Tiger Revolution
Cruiser , dan Ikatan Sport Harley Davidson . Untuk menggarap komunitas
tersebut, Tarakusuma Indah memeberikan 100 helm gratis sesuai dengan merk helm
segmentasi mereka. Club Tiger misalnya, diberi helm INK , sedangkan Harley
dibuatkan helm khusus. Helm yang dibagikan secara gratis itu, memang dibuat
secara customize karena ada logo mereka , dan nomor ID setiap anggotanya. Hasil
yang dipetik dengan kerja sama klub itu , Tarakusuma Indah mendapatkan masukan
dan Inovasi . Sehingga Tarakusuma Indah dapat mengerti helm seperti apa yang
diinginkan pelanggan, sekaligus dapat mengikuti arah dan perkembangan helm yang
diinginkan para pelanggan. Tak sedikit inovasi yang dilakukan Tarakusuma Indah
karena masukan dari klub-klub asuhannya .
Selain
itu , Tarakusuma Indah juga agresif dalam beriklan. Contohnya saat ini, iklan Taakusuma
Indah gencar muncul di televisi . Seperti sedang bersaing dengan competitor terdekatnya
yaitu merk GM, yang juga gencar muncul
di televisi. Iklan-iklan ini dimaksudkan hanya sebagai brand-awareness bahwa
produk PT Tarajusuma Indah masih tetap eksis. Selain itu , TI juga lebih
agresif beriklan di media otomotif .
Untuk
segmen pasar Tarakusuma Indah menggarap semua segmen pasar, hal ini dikarenakan
Tarakusuma Indah memiliki banyak merk yang akan menjangkau semua kalangan .
Merk INK dan KYT yang dikeluarkan oleh Tarakusuma Indah ,
ditujukan untuk pasar menengah ke atas, hal ini disebakan INK dan KYT adalah helm premium. INK , dulu bernama
INAKO yang merupakan singkatan Indonesia-Korea, yang disebabkan karena helm INK
dibuat atas kerja sama dengan Korea . Helm INK sendiri, disasarkan untuk
pengendara motor touring . Sedangkan KYT
yang merupakan singkatan dari KYOTO merupakan produk hasil transfer tekhnologi
dengan ARAI Jepang, helm KYT sendiri lebih focus ke balap. Itulah sebabnya
mengapa sebelum tahun 2010, merk hel KYT semua dibuat full-face . Baru
belakangan ini, dengan tuuan fashion helm KYT dibuat dengan open-face . hampir
99% balapan di Indonesia menggunakan KYT. KYT sendiri dari 2010-sekarang KYT
juga merambah beberapa komunitas. Harga yang dipatok INK dan KYT sendiri berkisar
antara 250-1,7 juta rupiah .
Di
segmen pasar menengah , Tarakusuma Indah memiliki merk BMC dan MDS . harga
mereka sendiri dipatok mulai dari 100-200ribu . Sedangkan di segmen menengah
kebawah, terdapat merk HIU yang berkisar mulai dari 60ribu-100ribu.
Marketing
Mix dari PT Tarakusuma ;
1. Price
Harga yang dipatok oleh
PT Tarakusuma Indah, untuk setiap produknya beragam. Hal ini, disebabkan karena
merk yang berbeda. Walaupun memiliki harga yang beragama, namun Tarakusuma Indah
tidak membedakan kualitasnya. Variasi harga sesungguhnya terkait dengan
perbedaan model, bentuk dan kenyamanannya.
2. Place
Tarakusuma Indah
memiliki jalur distribusi tersendiri untuk memasarkan produknya. Produk
Tarakusuma Indah, akan didistribusikan secara langsung ke gerai modern seperti
, Carrefour , dan Giant . hal ini akan membuat keaslian helm tetap terjamin.
3.
Produk
Helm Tarakusuma Indah
memiliki kualitas yang terjamin , hal ini disebabkan semua produk Tarakusuma Indah
sudah ber-SNI , dan alat pengetesan di
laboratorium pabrik Tarakusuma Indah menggunakan standart kualitas AVG . Produk-produk
helm yang dihasilkan Tarakusuama Indah adalah sebagai berikut : INK, KYT, MDS,
BMC ,HIU , dan AVG yang merupakan produk import dari Itali sekaligus sebagai
standart pengetesan seluruh produk Tarakusuma Indah.
Spesifikasi dari
beberapa produk keluaran PT Tarakusuma Indah adalah sebagai berikut
1) INK
·
Brand
INK Helmet pertama kali diluncurkan pada tahun 1996.
·
Positioning
helm INK Helmet ditujukan untuk kalangan bikers dan hobbies, sampai pada
kalangan professional untuk motocross dan touring.
·
Dari
segi produk INK Helmet diarahkan untuk para pemakai motocross, Hi End Open
Face, Medium to High End Modular (flip up) system dan juga Medium High End Full
face.
·
INK
Helmet dilengkapi dengan removable comfort padding dan juga size fitting dari
berbagai ukuran terkecil S hingga ukuran yang terbesar XXL.
·
Tahun
2010 INK Helmet berkomitment akan menjadi sponsor resmi Super cross and
Motocross National final: Denny Orlando, Farhan Hendro, dan Irwan Ardiansyah.
2) KYT
·
Brand
KYT Helmet diluncurkan pertama kali pada tahun 1999.
·
Positioning
produk KYT Helmet ditujukan untuk segmen casual dan professional racing.
·
Memiliki
teknologi dari Jepang untuk aerodinamis dan standar safety internasional namun
memiliki fitting yang baik dan pas dengan kepala orang Indonesia.
·
Memiliki
fabric softskin yaitu kain ekstra lembut di kulit yang mampu menyerap keringat
untuk kenyamanan maksimum pemakai.
·
Dilengkapi
dengan removable comfort padding dan size fitting dari berbagai ukuran terkecil
S, M, L, XL ukuran hingga paling besar XXL.
·
KYT
Helmet juga memberikan informasi jelas untuk pengguna helm atas tahun produksi
sehingga para konsumen dapat mempertimbangkan kadaluarsa helm.
·
KYT
Helmet diakreditasi untuk standard E2205, DOT dan SNI 2007.
3) MDS
·
Merek
MDS pertama kali diluncurkan pada tahun 1998
·
Target
konsumen merek MDS ditujukan untuk kelas metro lifestyle dengan segala usia,
serta untuk casual biker dan pengguna perkotaan yang meninginkan stylish
(gaya).
·
Helm
MDS memilki standar dengan keamanan yang baik, style yang elegan dan harga yang
terjangkau. Padding yang comfort dengan removable padding untuk sebagian model.
·
Helm
MDS punya lisensi untuk trend identity bagi kawula muda, dan yang terakhir
adalah “MDS All Star Slank” yang diluncurkan Jumat, 2 Juli 2010.
·
Produk
merek MDS helmet juga akan hadir dengan trend-trend baru seperti canvass, batik
dan timber yang (mungkin) disukai oleh konsumen.
·
MDS
helmet juga hadir dalam produk barunya MDS 2 Vision yang juga memiliki produk
double visor.
4. Promotion
Promosi yang dilakukan Tarakusuma Indah
antara lain melalui : Iklan di televisi
dan di media cetak seperti majalah otomotif . Selain melalui iklan, seperti
yang sudah disebutkan di atas, Tarakusuma Indah juga menggandeng beberapa
komunitas sepeda motor.
Walaupun
PT Tarakusuma Indah sudah merajai dunia perhelman di Indonesia namun tetap saja
Tarakusuma Indah memiliki banyak masalah yang harus dihadapi dan diatasi.
Masalah yang dihadapi Tarakusuma Indah antara lain adalah adanya pemalsuan dari
produknya yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sehingga saat
ini, PT Tarakusuma Indah harus terus
bertarung melawean helm-helm aspal (asli tapi palsu) ini, yang banyak
bertebaran di kios-kios helm yang tidak terpercaya . Seperti yang diketahui,
helm aspal ini, dari segi harga pasti lebih murah karena tidak memakai standart
produksi yang benar.
Sesungguhnya
strategi mengembangkan banyak merk merupakan solusi terhadap ancaman,
membanjirnya merk aspal. Karena setidaknya
Tarakusuma Indah telah mengakomodasi konsumen yang daya belinya bervariasi
Helm
dari PT Tarakusuma Indah akan dapat terus menancapkan eksistensinya di pasar
helm Indonesia dikarenakan helm keluaran PT Tarakusuma Indah selalu mendapatkan
tempat tersendiri dihati para pelanggannya. Hal ini dikarenakan helm keluaran
PT Tarakusuma Indah memiliki kualitas
yang baik dan selalu melakukan inovasi dalam setiap produk yang dikeluarkannya.
PT Tarakusuma Indah selalu dapat membuat varian yang modern dan tidak
ketinggalan zaman. Seperti yang kita ketahui helm-helm dari PT Tarakusuma Indah
selalu memenuhi jalanan di Indonesia.
Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa untuk beberapa tahun kedepan
produk-produk keluaran PT Tarakusuma Indah akan terus menguasai pasar helm
karena kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk PT Tarakusuma Indah yang selalu pas dan nyaman
di kepala para pelangannya.
PENUTUP DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
dari pembahasan di atas mengenai PT Tarakusuma Indah, adalah bahwasanya PT Tarakusuma Indah telah mampu mengibarkan
eksisitensinya di Indonesia, sehingga banyak produknya yang dipakai oleh
masyarakat Indonesia. Walaupun PT Tarakusuma Indah memiliki banyak brand hal
tersebut malah membuat PT Tarakusuma Indah semakin kuat dan dapat menjangkau
semua segmen pasar yang ada. Hal ini dikarenakan PT Tarakusuma Indah dapat
mempositioningkan produknya dengan baik. Sementara itu , strateginya dalam
menggandeng komunitas motor yang ada sudah cukup berpengaruh dalam segi
penjualan maupun promosinya . Sehingga tidak perlu menayangkan banyak iklan di
televisi , karena zaman sekarang menggunakan iklan di televisi terasa tidak
begitu efisien lagi , karena seringkali penonton televisi mengganti channelnya
apabila ada iklan. Sehingga biaya yang
mungkin akan dibuat beriklan di televisi , bisa dilakukan untuk hal yang lain mengembangkan
produk baru , atau untuk berpromosi di komunitas helm Tarakusuma Indah dan
iklan di media cetak .
Rekomendasi untuk PT Tarakusuma Indah
adalah sebagai berikut
1. Menambah
produk baru sehingga masyarakat tidak merasa bosan dengan produk helm yang
itu-itu saja.
2. Membuat
helm yang dispesialisasikan untuk anak kecil, sehingga anak kecilpun tetap
dapat tampil trendi dengan menggunakan produk keluaran PT Tarakusuma Indah.
3. Membuat
varian helm dengan desain yang lucu, karena selama ini helm dari PT Tarakusuma Indah
hanya memberikan desain yang hanya memperhatikan tentang fashion dan kurang
memperhatikan aspek lucu. Karena sekarang banyak helm yang menonjolkan sisi
lucu dan digemari oleh kelompok remaja perempuan. Sehingga ada mangsa pasar
baru yang dapat digarap oleh PT Tarakusuma Indah.
4. Memberikan
sosialisasi yang jelas tentang perbedaan helm yang asli dan yang palsu.
Sehingga para konsumen tidak akan tertipu lagi dengan adanya produk-produk
aspal yang ada di pasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar