MENGUAK STRATEGI PEMASARAN DULUX
ANGGOTA KELOMPOK 1:
1)
FARIKHAH
MAYA AUDINA (11311552)
2)
INDAH
PURNAMA SARI (11311570)
3)
PRASETYO
AJI (11311 )
4)
NUGIE
NURCAHYADI (11311 )
5)
WIWIN
SETYOWATI (11311603)
EKONOMI
MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN
AJARAN 2011/2012
PENDAHULUAN
Dulux
merupakan sebuah perusahaan cat yang terkemuka dari perusahaan global Inggris-Belanda
yang ada di Indonesia. Yang memproduksi berbagai macam varian cat. Karena dulux
bergerak dalam bidang ini dulux terus melakukan inovasi-inovasi baru agar usaha
berkembang, dengan mewujudkan kebutuhan para pelanggannya.
LATAR BELAKANG
Karena
dulux merupakan sebuah perusahaan cat yang sukses menaklukan pasar Indonesia
dengan cara memberikan promosi yang gencar. Hal ini dibuktikan dengan
menjadiklan pabrik dulux di Indonesia sebagai megasite, yaitu pabrik yang
memiliki kapasitas produksi 1 juta liter cat pertahun. Sehingga membuat kami
tertarik membahas bagaimana dulux melakukan pemasarannya.
RUMUSAN MASALAH
1) Bagaimanakah
dulux melakukan strategi pemasarannya?
2) Bagaimana
cara dulux membuat pelanggannya tetap setia menggunakan produk dulux?
ISI
Dalam
sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena
pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan. Inovasi dan
kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang ditawarkan
Untuk
mengetahui dan menyeklami kebutuhan pelanggan , pihak dulux harus banyak
berinteraki dengan pelanggan, sehingga pihak dulux dapat berinteraklsi secara
langsung ,atau dengan riset atau media sosial. Selain melakukan aktivitas
pemasaran melalu tv dan website,dulux juga aktif merambah jejaring social ,
seperti twitter dan facebook. Di facebook dan twitter, setiap 2 minggu sekali,
akan dilakukan online talkshow. Dalaqm acara ini, akan diberikan ide-ide kreasi
tentang interior dan arsitektur. Di sana, pelanggan juga bisa berinteraksi
langsung dengan para desainer untuk berdiskusi dan berkonsultasi,pelangganpun
juga dapat berkonsultasi gratis melalui surel dan telepon. Dari semua hal yang
dilakukan tersebut, akan diketahui ,hasil dari motivasi dan kebutuhan mengapa
para pelanggan menggunakan produk dulux.
Strategi
pemasaran yang dilakukan dulux dilakukan dengan dua macam cara. Yang pertama
dulux melakuakn pendekatan dengan konsumen dengan cara mengiklankan produknya
secara besar-besaran, juga selain menggunakan iklan secara besar-besaran yang
menarik adalah strategi inspiratif dan edukatif yang dijalankan perusahaan
dulux. Dulux membuat program “dulux inspire” yang ditayangkan disebuah stasiun televisi
nasional. Melalui acara ini para pemirsa dapat menyaksikan bagaimana cara
membuat tata ruang dengan perpaduan cat. Acara ini sendiri dipandu oleh arsitek
dan interior desainer ternama. Seperti, Raul Renanda, Jahja dan Hera Sodoyo
serta Hera Kamarati. Dalam acara tersebut dulux akan memilih pemirsa yang
mengajukan diri agar ruangannya ditata ulang. Acara ini memberikan kesempatan
pada pelanggannya agar rumahnya dapat ditata ulang . Biayanya sendiri akan
dibayar oleh pihak dulux seluruhnya.
Dalam
pemasaran lewat iklan sendiri dulux menggandeng artis ternama Inneke Koesherawati
sebagai duta merek. Selain itu pengiklanannya pun dibuat sering muncul di layar
kaca. Sehingga, konsumen terbiasa dengan produk yang ditawarkan oleh dulux.
Yang
kedua, dulux tidak hanya melakukan pemasaran dengan cara pendekatan dengan
pelanggan saja. Dulux juga terus mencoba untuk meningkatkan kualitas dari
produknya sendiri. Karena akan percuma apabila pemasaran dilakukan dengan
gencar,tetapi tidak diimbangi dengan kualitas produk yang dihasilkan. Maka dari
itu dulux melakukan terobosan baru yakni
, membuat berbagai varian jenis cat yang belum ada di pasaran . Di antara lain
di top coat; ada cat untuk dinding,kayu,dan besi interior dan eksterior , serta
cat genteng. Di kategori undercoat, ada cat dasar dan plamur ,ada Dulux Alkali
Resisting Primer,Dulux Wallfiller ,Dulux Catylac Plamur dan cat dasar. Setiap
varian tersebut, memiliki beberapa sub-varian. Di antaranya, untuk cat dinding
interior ada dulux Pearl Glo yang akan membuat dinding berwarna menonjol tetapi
tetap elegant, Dulux pentalite light and space agar dinding terlihat lebih
luas, serta dulux easy clean agar dinding mudah dibersihkan. Semua produk itu
dihadirkan untuk menjawab kebutuhan dari para konsumen.
Jadi,
dalam produknya ada yang memberikan varian warna-warna cerah dan mudah untuk dibersihkan. Ada juga
yang membuat agar dinding kelihatan lebih luas , dan berharga normal , atau
bahkan murah untuk menjangkau kalangan bawah namun tetap berkualitas .
Lewat
berbagai macam cara pemasaran yang dilakukan oleh dulux, dulux juga sekaligus
membuat para pelanggannya setia pada produk dulux. Hal ini disebabkan lewat
iklan yang gencar dilakukan oleh dulux akan membuat para pelanggan terus
terbiasa dan hafal dengan produk dulux. Selain itu kualitas dan banyaknya
varian yang ditawarkan oleh dulux membuat produk dulux selalu diminati oleh
pelanggan setianya. Sehingga diharapkan para pelanggan akan loyal dengan produk
dulux dan dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain(advice).
PENUTUP
Jadi, dulux sebagai produsen harus
mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, sehingga membuat sebuah aktivitas
marketing yang menarik dan membuat konsumen tertarik membeli produk dulux dan
selanjutnya diharapkan penjualan produk dulux semakin meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar