Minggu, 24 Februari 2013

Menguak Pemasaran Dulux



MENGUAK STRATEGI PEMASARAN DULUX
50333_55231753710_667064_n.jpg
ANGGOTA KELOMPOK 1:
1)    FARIKHAH MAYA AUDINA (11311552)
2)    INDAH PURNAMA SARI     (11311570)
3)    PRASETYO AJI                    (11311   )
4)    NUGIE NURCAHYADI         (11311   )
5)    WIWIN SETYOWATI          (11311603)

EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AJARAN 2011/2012



















PENDAHULUAN
Dulux merupakan sebuah perusahaan cat yang terkemuka dari perusahaan global Inggris-Belanda yang ada di Indonesia. Yang memproduksi berbagai macam varian cat. Karena dulux bergerak dalam bidang ini dulux terus melakukan inovasi-inovasi baru agar usaha berkembang, dengan mewujudkan kebutuhan para pelanggannya.
LATAR BELAKANG
Karena dulux merupakan sebuah perusahaan cat yang sukses menaklukan pasar Indonesia dengan cara memberikan promosi yang gencar. Hal ini dibuktikan dengan menjadiklan pabrik dulux di Indonesia sebagai megasite, yaitu pabrik yang memiliki kapasitas produksi 1 juta liter cat pertahun. Sehingga membuat kami tertarik membahas bagaimana dulux melakukan pemasarannya.
RUMUSAN MASALAH
1)      Bagaimanakah dulux melakukan strategi pemasarannya?
2)      Bagaimana cara dulux membuat pelanggannya tetap setia menggunakan produk dulux?
ISI
Dalam sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan. Inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang ditawarkan
Untuk mengetahui dan menyeklami kebutuhan pelanggan , pihak dulux harus banyak berinteraki dengan pelanggan, sehingga pihak dulux dapat berinteraklsi secara langsung ,atau dengan riset atau media sosial. Selain melakukan aktivitas pemasaran melalu tv dan website,dulux juga aktif merambah jejaring social , seperti twitter dan facebook. Di facebook dan twitter, setiap 2 minggu sekali, akan dilakukan online talkshow. Dalaqm acara ini, akan diberikan ide-ide kreasi tentang interior dan arsitektur. Di sana, pelanggan juga bisa berinteraksi langsung dengan para desainer untuk berdiskusi dan berkonsultasi,pelangganpun juga dapat berkonsultasi gratis melalui surel dan telepon. Dari semua hal yang dilakukan tersebut, akan diketahui ,hasil dari motivasi dan kebutuhan mengapa para pelanggan menggunakan produk dulux.
            Strategi pemasaran yang dilakukan dulux dilakukan dengan dua macam cara. Yang pertama dulux melakuakn pendekatan dengan konsumen dengan cara mengiklankan produknya secara besar-besaran, juga selain menggunakan iklan secara besar-besaran yang menarik adalah strategi inspiratif dan edukatif yang dijalankan perusahaan dulux. Dulux membuat program “dulux inspire” yang ditayangkan disebuah stasiun televisi nasional. Melalui acara ini para pemirsa dapat menyaksikan bagaimana cara membuat tata ruang dengan perpaduan cat. Acara ini sendiri dipandu oleh arsitek dan interior desainer ternama. Seperti, Raul Renanda, Jahja dan Hera Sodoyo serta Hera Kamarati. Dalam acara tersebut dulux akan memilih pemirsa yang mengajukan diri agar ruangannya ditata ulang. Acara ini memberikan kesempatan pada pelanggannya agar rumahnya dapat ditata ulang . Biayanya sendiri akan dibayar oleh pihak dulux seluruhnya.
Dalam pemasaran lewat iklan sendiri dulux menggandeng artis ternama Inneke Koesherawati sebagai duta merek. Selain itu pengiklanannya pun dibuat sering muncul di layar kaca. Sehingga, konsumen terbiasa dengan produk yang ditawarkan oleh dulux.
Yang kedua, dulux tidak hanya melakukan pemasaran dengan cara pendekatan dengan pelanggan saja. Dulux juga terus mencoba untuk meningkatkan kualitas dari produknya sendiri. Karena akan percuma apabila pemasaran dilakukan dengan gencar,tetapi tidak diimbangi dengan kualitas produk yang dihasilkan. Maka dari itu dulux  melakukan terobosan baru yakni , membuat berbagai varian jenis cat yang belum ada di pasaran . Di antara lain di top coat; ada cat untuk dinding,kayu,dan besi interior dan eksterior , serta cat genteng. Di kategori undercoat, ada cat dasar dan plamur ,ada Dulux Alkali Resisting Primer,Dulux Wallfiller ,Dulux Catylac Plamur dan cat dasar. Setiap varian tersebut, memiliki beberapa sub-varian. Di antaranya, untuk cat dinding interior ada dulux Pearl Glo yang akan membuat dinding berwarna menonjol tetapi tetap elegant, Dulux pentalite light and space agar dinding terlihat lebih luas, serta dulux easy clean agar dinding mudah dibersihkan. Semua produk itu dihadirkan untuk menjawab kebutuhan dari para konsumen.
Jadi, dalam produknya ada yang memberikan varian warna-warna  cerah dan mudah untuk dibersihkan. Ada juga yang membuat agar dinding kelihatan lebih luas , dan berharga normal , atau bahkan murah untuk menjangkau kalangan bawah namun tetap berkualitas .
Lewat berbagai macam cara pemasaran yang dilakukan oleh dulux, dulux juga sekaligus membuat para pelanggannya setia pada produk dulux. Hal ini disebabkan lewat iklan yang gencar dilakukan oleh dulux akan membuat para pelanggan terus terbiasa dan hafal dengan produk dulux. Selain itu kualitas dan banyaknya varian yang ditawarkan oleh dulux membuat produk dulux selalu diminati oleh pelanggan setianya. Sehingga diharapkan para pelanggan akan loyal dengan produk dulux dan dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain(advice).
PENUTUP
            Jadi, dulux sebagai produsen harus mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, sehingga membuat sebuah aktivitas marketing yang menarik dan membuat konsumen tertarik membeli produk dulux dan selanjutnya diharapkan penjualan produk dulux semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar