MANAJEMEN PEMASARAN
STRATEGI LG MENGUASAI
PASAR ELEKTRONIK INDONESIA
Dosen Pembimbing : Sri Hardjanti, S
ANGGOTA KELOMPOK 1:
1)
FARIKHAH
MAYA AUDINA (11311552)
2)
INDAH
PURNAMA SARI (11311570)
3)
PRASETYO
AJI NUGROHO (11311584)
4)
NUGROHO
NUR CAHYADI (11311587)
5)
WIWIN
SETYOWATI (11311603)
EKONOMI
MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN
AJARAN 2011/2012
PENDAHULUAN
Di
jaman globalisasi yang semuanya serba instan , manusia membutuhkan suatu
kemajuan IPTEK yang mendukung kehidupan mereka. Semenjak ditemukannya listrik ,
barang elektronikpun mulai ditemukan. Dan muncullah alat-alat elektronik pada
jaman sekarang yang mempermudah kebutuhan manusia. Manusia pada saat ini tidak
dapat lepas dari bantuan barang elektronik . Manusia membutuhkan hiburan,lalu
diciptakanlah radio. Radio pada mulanya dapat digunakan menggunakan baterai,
namun semakin berkembangya ilmu pengetahuan , radio mulai menggunakan listrik.
Kemudian, hiburan yang dibutuhkan tidak hanya sekedar suara saja, diciptakanlah
televisi, yang tadinya hanya berwarna hitam putih , sekarang menjadi berwarna
dan bahkan mulai muncul modifikasi-modifikasi baru yang seperti televisi
plasma, LCD, dan LED. Begitu juga barang elektronik-elektronik yang lain yang
dapat membantu kebutuhan manusia seperti mesin cuci ,lemari es, air conditioner
(AC) , handphone, komputer, DVD player. Yang semua alat-alat tersebut menjadi
kebutuhan dan gaya hidup manusia .
LATAR BELAKANG
Manusia
pada era ini, bisa dikatakan tidak dapat lepas dari tekhnologi. Tekhnologi
tersebut dapat berupa alat-alat komunikasi dan alat-alat elektronik. PT LG
muncul dengan berbasis produksi manufaktur dan penjualan komoditas
barang-barang elektronik. Karena merupakan prospek yang menjanjikan saat ini.
LG adalah singkatan dari “Life’s Good”, dari namanya saja,sudah dapat
dipastikan jika LG ingin memberikan kehidupan yang baik bagi para konsumennya.
Agar menjadikan kehidupan para konsumennya dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan
yang sangat berguna,dengan kehidupan sekarang yang sangat mengedepankan
kenyamanan hidup. LG adalah produsen elektronik, yang berasal dai Negeri
gingseng ,yaitu Korea. Korea sendiri merupakan Negara maju, yang diketahui
mengedepankan tekhnologi dalam segala aspek bidang kehidupan. PT LG
mengeluarkan banyak sekali produk-produk elektronik di dunia. Produk elektroniknya
hampir ada di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Dan menguasai
penjualan produk-produk elektronik dibandingkan merk-merk yang ada lainnya,
seperti Samsung yang sama-sama produsen dari Korea, dan juga Sony dari Jepang
yang merupakan brand yang sudah terkenal mendahului LG. Tapi dengan semangat ,
kerja tim yang solid, dan kesungguhan dari LG, akhirnya LG berhasil menjadi
penguasa baru di dunia elektronik Indonesia.
Produk-produk
LG sangat beragam, mulai dari alat elektronik sampai alat komunikasi .
Alat-alat elektronik yang diproduksi oleh PT LG, antara lain lemari es, mesin
cuci, AC, DVD player, Blu-ray player, Home theater system,dan kategori produk
TI seperti monitor LCD. Sementara untuk kategori TV, LG berhasil menciptakan
produk-produk seperti , TV LCD TV, TV plasma , dan TV LED. Bahkan LG masih
memproduksi TV CRT atau TV tabung, yang tetap menjadi favorit masyarakat
kalangan menengah bawah di Indonesia.
Produk-produk
dari LG dikenal dengan kualitas yang tinggi sehingga selalu mampu menguasai
pasar. Alat-alat elektronik keluaran LG selalu mengikuti perkembangan jaman
sehingga masyarakat selalu ingin membeli barang-barang baru keluaran LG. Selain
itu, dengan produk-produk terbaru keluaran LG, konsumen menjadi mengetahui
tentang perkembangan-perkembangan elektronik yang ada di dunia. LG sendiri
selalu melakukan riset agar dapat memenuhi para konsumennya. Produk LG, sekali
lagi bukan hanya dikenal di Indonesia namun di Negara-negara lain seperti
Jerman, Polandia, dan penjualannya juga sangat bagus di masing-masing Negara.
Maka dari itu, LG merupakan salah satu produk yang diunggulkan pada pasar
persaingan elektronik.
RUMUSAN MASALAH
1. Konsep
pemasaran apakah yang dipakai PT LG ?
2. Siapakah
yang menjadi segmen utama dari PT LG?
3. Bagaimana
strategi marketing mixnya ?
4. Apa
saja masalah yang dihadapi oleh PT LG?
5. Bagaimanakah
eksistensi produk-produk elektronik yang
dihasilkan oleh PT LG terutama produk televisinya untuk waktu yang akan datang
?
ISI
Dalam
sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena
pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan. Inovasi dan
kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang ditawarkan
bisa bertahan dan diminati.
Bicara
soal konsep pemasaran , itu merupakan salah satu konsep yang dilakukan LG . Hal
ini dibuktikan dengan , konsep promosi LG yang melalui konsep ATL dan BTL. ATL
adalah singkatan dari Above The Line, ATL adalah pemasaran melalui TV, majalah,
radio, koran, billboard . ATL sendiri mencakup target audiens yang lebih luas
karena melalui media yang langsung diketahu masyarakat. Karena melalui banyak
media yang mungkin akan dilihat dan dinikmati oleh masyarakat. Dan lebih
mengedapankan konsep untuk menjelaskan gagasan atau ide kepada konsumen , dan
tidak ada interaksi secara langsung kepada audiens. Berbeda dengan ATL, BTL
lebih banyak berinteraksi secara langsung kepada audiens,namun sayangnya target
audiens yang dijaring terbatas . Hal ini disebabkan, pemasaran lewat BTL melalui
Event,
Sponsorship, Sampling, Point-of-Sale (POS) materials, Consumer promotion, Trade
promotion, dll. Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk
merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli. BTL
adalah singkatan dari Below The Line . Sehingga perpaduan dari konsep ATL dan
BTL membuat pemasaran LG semakin kuat dan tidak tertandingi.
Selain
konsep pemasaran LG juga menggunakan
konsep produksi. Hal ini dibuktikan dengan LG selalu mengembangkan konsep
produksinya. Dibuktikan dengan LG selalu mengelurkan produk dengan inovasi yang
inovatif, yang cepat dan dapat membaca keinginan konsumen dan perkembangan
jaman. Karena mengetahui konsumen Indonesia lebih mengedepankan desain daripada
fungsi, maka untuk pasar Indonesia , LG selalu membuat gebrakan baru yang lebih
mengedepankan pada desain dan kualitas yang mumpuni. Berbeda dengan konsumen
dari Negara barat yang lebh menyukai fungsinya yang bagus dan beragam
dibandingkan dengan desainnya.
Segmen yang dituju oleh PT LG
adalah semua kalangan. Hal ini disebabkan karena PT LG selalu membuat produk dengan harga yang
beragam dan variatif tergantung dari jenis dan spesifikasinya. Jadi pada
kalangan menegah ke bawah dan menengah ke atas, semuanya dapat menikmati produk
keluaran dari LG .Namun dewasa ini, LG
lebih fokus mengembangkan segmen pasar menengah atas, dengan memberikan
diferensiasi yang jelas, mulai dari tipe produk dan spesifikasi tekhnologi yang
ada didalamnya. Hal ini dilakukan untuk memperjelas posisi LG dengan kompetitor,
salah satunya melalui televisi tiga
dimensi (3D) terbaru.
LG tidak meninggalkan pasar segmen menengah dan kecil, tetapi pasar tersebut sudah terlalu ketat kompetisinya,setelah produk Cina masuk
LG memutuskan untuk memperbesar pasar menengah ke atas, sembari mempertahankan pasar konsumen yang sangat sensitif terhadap harga produk.
LG tidak meninggalkan pasar segmen menengah dan kecil, tetapi pasar tersebut sudah terlalu ketat kompetisinya,setelah produk Cina masuk
LG memutuskan untuk memperbesar pasar menengah ke atas, sembari mempertahankan pasar konsumen yang sangat sensitif terhadap harga produk.
Marketing
Mix dari LG ;
1. Price
Harga yang dipatok oleh
LG dalam produk handphone, berkisar dari 300.000 rupiah sampai dengan 5.000.000
rupiah. Sedangkan untuk produk televisi berwarna tipe CRT , LG mematok harga
mulai dari 460.000 rupiah untuk televisi 14 inci sampai dengan 2.000.000 rupiah
. Untuk televisi LCD , LG mematok harga 2.000.000 rupiah sampai dengan
10.000.000 tergantung dari besar incinya. Untuk televisi LED sendiri yang
merupakan produk terdepan dari LG yang menjadi pioner utama ini 6.000.000
rupiah sampai 40.000.000 rupiah. Begitu juga dengan produk elektronik lainnya ,
LG selalu mengeluarkan produk , dengan spesifikasi harga yang mencakup semua
kalangan konsumen. Maka dari itu mangsa pasar atau segmen pasar yang dituju LG
sangat luas dan mencakup semua kalangan.
2. Place
Faktor
terpenting lain, dari kesuksesan sebuah produk adalah jaringan kantor cabang,
distribusi dan service yang menjangkau seluruh Indonesia. Saat ini, LG memiliki
lebih dari 100 dealer yang menjadi mitra distribusinya. Disebut dealer, karena
mereka lebih banyak menjual produk LG, dibandingkan merek lainnya. Untuk para
dealer ini, LG memberikan treatment khusus, salah satunya, menempatkan sales
promotion person yang sangat paham tentang produk LG di dealer tersebut. Selain
itu, para dealer akan diberitahukan terlebih dahulu bila LG membuat produk
baru, dan diberi produk knowledge. Untuk jaringan pasca jual atau service, saat
ini LG memiliki lebih dari 65 direct service center , dan 200 authorize service
center yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, LG baru saja meluncurkan
LG service bus, yang bergerak untuk memberikan layanan pasca jual di berbagai
tempat strategis. Ke depannya, untuk menambah jaringan pasca jual, LG sudah
menyiapkan dana 9 milyar rupiah. Demikian juga kantor pemasaran, tahun lalu
hanya memiliki 24 kantor cabang pemasaran, tahun ini akan membuka kantor di
Balikpapan dan Kendari, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjajaki
wilayah Ambon dan Lombok.
3. Produk
LG
memiliki banyak varian produk, mulai dari alat elektronik sampai alat
komunikasi. Alat-alat elektronik yang dikeluarkan LG antara lain, DVD Blu-ray
player,plasma TV, Home Theater System, LCD monitor, LED TV, CRT TV , AC, LCD
TV, Lemar Es, Mesin Cuci, Microwave. Dari produk-produk tersebut , LG sudah
mampu menguasai pasar produk elektronik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan
dominasi LG pada peralatan rumah tangga, seperti lemari es (28%), mesin cuci
(21%), AC ( 30%), DVD player (18%), Blu-ray player (54%), Home Theater System
(42%), dan untuk kategori TI seperti monitor LCD (36%) , bahkan untuk kategori
TV,LG berhasil menyapu bersih posisi leader di berbagai varian.Pada kategori TV
berpannel layar datar, TV LCD TV (29%), TV plasma (43%), TV LED (34%) , dan TV
CRT atau TV tabung sebesar (34%). Bila dilihat dari persentase, LG sangat kuat
di bagian TV-nya , bahkan LED menjadi pioner pertama TV berbasis LED , yang
kemudian banyak ditiru oleh produk-produk perusahaan lain.
4. Promotion
Biaya
yang dikeluarkan dalam hal promosi, adalah sebesar 5% dari total penjualan
produk. Promosi yang dilakukan PT LG sangat beragam, salah satunya adalah
dengan menempatkan sales promotion person di setiap dealer LG. Setiap sales
promotion person ini, akan diberitahu lebih dahulu, apabila LG ingin
meluncurkan produk baru, dan juga diberi produk knowledge. Tak lupa berbagai
promo special, juga diberikan kepada dealer untuk menarik minat konsumen datang
di gerainya. Sedangkan untuk iklan, LG Indonesia difasilitasi oleh kantor pusat oleh Korea, termasuk pemilihan rekanan
agency.
Hal ini
dilakukan dalam upaya menjaga kualitas dan memilih rekanan yang reputasinya sudah
diakui secara internasioal. Misalnya media placement, dipilih Mind Share,
sebagai mitranya, dan untuk kreatif agency, dipilih Young and Rubicam (Y&R)
. Saat ini, iklan LG menggunakan ambassador dari luar Negeri yaitu Boyband
terkenal Super Junor (SuJu) dari Korea, entah kebetulan atau tidak , boyband yang
beranggotakan 13 personil ini , tengah digandrungi oleh kawula muda termasuk di
Indonesia. Jadi, tak mengherankan, awarness LG berhasil meningkat berkali-kali
lipat, berkat duta merek yang sedang beradi di puncak popularitasnya tu. Selain
itu , iklan LG juga sering muncul di televisi, hal ini disebakan LG memang
aggressive dalam hal periklanan. Dan membuat Brand Image dalam masyarakat.
Masalah yang
dihadapi LG adalah persaingan dari produki lain yang tidak kalah gencar
memberikan gempurannya di dunia perelektronikan Indonesia. Terutama dari produk
Samsung dan Sony yang sama-sama sudah
memiliki konsumen setia di Indonesia. Selain dari gempuran merk terkenal LG
juga menghadapi gempuran dari merk-merk China yang banyak muncul di Indonesia
yang muncul di segmen menengah bawah.
Kemudian
tantangan terberat LG adalah harus selalu mengerti kemauan konsumen yang selalu berubah. Jika LG ingin tetap
menjadi pioneer, maka LG harus selalu mengembangkan kualitas dan jenis produk
yang diproduksi.
Eksisitensi LG
ke depannya akan tetap baik dan terjaga, hal ini disebabkan karena LG telah
membentuk brand image tersendiri di masyarakat Indonesia. Selain itu kemampuan
LG dalam hal melihat dan memperkirakan pangsa pasar sangat baik. Sehingg LG
selalu mampu menguasai pasar. Kerja keras yang selalu dilakuklan oleh LG dalam
hal menungkatkan kualitas dan juga memenuhi keinginan konsumen akan membuat
pelanggan selalu setia dengan produk yang dikeluarkan oleh LG.
PENUTUP DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
dari pembahasan di atas mengenai PT LG , adalah PT LG telah mampu mengibarkan eksisitensinya di
Indonesia, sehingga banyak produknya yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dan
luar negeri. Ini semua tidak lepas dari peran LG yang terus menerus melakukan
inovasi untuk produknya , sehingga banyak sekali mengeluarkan varian-varian
alat elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu LG juga sudah mampu
membaca keinginan pasar, misalkan kalau masuk ke pasar Indonesia , LG harus
membuat sesuatu yang multifungsi, berdesain dinamis , dan berharga kompetitif .
LG sudah berhasil memasuki semua kalangan pasar dan produk-produknya dapat
dinikmati oleh seluruh konsumen. Selain itu LG menjadi pelopor TV LED yang sekarang menjadi trend setter .
Maka dari itu , selain mngusung jurus-jurus seperti , mengembangkan produk
inovatif sesuai keinginan pelanggan, rajin meluncurkan produk-produk
terbarunya, agresife menggarap pasar melalui berbagai kannal komunikasi seperti
ATL , BTL, serat pemasaran digital yang digarap sendiri oleh tim-nya, memiliki
kontur pemasaran dan distribusi serta jaringan pasar jual yang tersebar di
seluruh Indonesia, memberikan treatment khusu untuk jaringan dealer yang
menjadi mitra distribusinya, seperti menempatkan sales promotion person dan
memberikan promo special di gerai dealer. Bila hal itu tetap dusung, tentunya
LG akan terus dan terus dapat menguasai pasar elektronik Indonesia dan luar
negri.
Rekomendasi untuk LG adalah sebagai
berikut :
1. Walaupun
kita ketahu LG sudah bagus dalam TV LCD, sebaiknya LG lebih memikirkan pada
elektonik lain seperi handphone dan notebook-nya.
2. Iklan
LG seharusnya tidak hanya mengacu paling dominan pada televise saja, walaupun
produk TV yang banyak menyumbang pembelian dari konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar