Minggu, 24 Februari 2013

Strategi LG Menguasai Pasar Elektronik Indonesia



MANAJEMEN PEMASARAN
STRATEGI LG MENGUASAI
PASAR ELEKTRONIK INDONESIA
Dosen Pembimbing : Sri Hardjanti, S
ANGGOTA KELOMPOK 1:
1)    FARIKHAH MAYA AUDINA       (11311552)
2)    INDAH PURNAMA SARI              (11311570)
3)    PRASETYO AJI NUGROHO       (11311584)
4)    NUGROHO NUR CAHYADI                  (11311587)
5)    WIWIN SETYOWATI                    (11311603)
EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AJARAN 2011/2012

PENDAHULUAN
Di jaman globalisasi yang semuanya serba instan , manusia membutuhkan suatu kemajuan IPTEK yang mendukung kehidupan mereka. Semenjak ditemukannya listrik , barang elektronikpun mulai ditemukan. Dan muncullah alat-alat elektronik pada jaman sekarang yang mempermudah kebutuhan manusia. Manusia pada saat ini tidak dapat lepas dari bantuan barang elektronik . Manusia membutuhkan hiburan,lalu diciptakanlah radio. Radio pada mulanya dapat digunakan menggunakan baterai, namun semakin berkembangya ilmu pengetahuan , radio mulai menggunakan listrik. Kemudian, hiburan yang dibutuhkan tidak hanya sekedar suara saja, diciptakanlah televisi, yang tadinya hanya berwarna hitam putih , sekarang menjadi berwarna dan bahkan mulai muncul modifikasi-modifikasi baru yang seperti televisi plasma, LCD, dan LED. Begitu juga barang elektronik-elektronik yang lain yang dapat membantu kebutuhan manusia seperti mesin cuci ,lemari es, air conditioner (AC) , handphone, komputer, DVD player. Yang semua alat-alat tersebut menjadi kebutuhan dan gaya hidup manusia .  
LATAR BELAKANG
Manusia pada era ini, bisa dikatakan tidak dapat lepas dari tekhnologi. Tekhnologi tersebut dapat berupa alat-alat komunikasi dan alat-alat elektronik. PT LG muncul dengan berbasis produksi manufaktur dan penjualan komoditas barang-barang elektronik. Karena merupakan prospek yang menjanjikan saat ini. LG adalah singkatan dari “Life’s Good”, dari namanya saja,sudah dapat dipastikan jika LG ingin memberikan kehidupan yang baik bagi para konsumennya. Agar menjadikan kehidupan para konsumennya dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan yang sangat berguna,dengan kehidupan sekarang yang sangat mengedepankan kenyamanan hidup. LG adalah produsen elektronik, yang berasal dai Negeri gingseng ,yaitu Korea. Korea sendiri merupakan Negara maju, yang diketahui mengedepankan tekhnologi dalam segala aspek bidang kehidupan. PT LG mengeluarkan banyak sekali produk-produk elektronik di dunia. Produk elektroniknya hampir ada di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Dan menguasai penjualan produk-produk elektronik dibandingkan merk-merk yang ada lainnya, seperti Samsung yang sama-sama produsen dari Korea, dan juga Sony dari Jepang yang merupakan brand yang sudah terkenal mendahului LG. Tapi dengan semangat , kerja tim yang solid, dan kesungguhan dari LG, akhirnya LG berhasil menjadi penguasa baru di dunia elektronik Indonesia.
Produk-produk LG sangat beragam, mulai dari alat elektronik sampai alat komunikasi . Alat-alat elektronik yang diproduksi oleh PT LG, antara lain lemari es, mesin cuci, AC, DVD player, Blu-ray player, Home theater system,dan kategori produk TI seperti monitor LCD. Sementara untuk kategori TV, LG berhasil menciptakan produk-produk seperti , TV LCD TV, TV plasma , dan TV LED. Bahkan LG masih memproduksi TV CRT atau TV tabung, yang tetap menjadi favorit masyarakat kalangan menengah bawah di Indonesia.
Produk-produk dari LG dikenal dengan kualitas yang tinggi sehingga selalu mampu menguasai pasar. Alat-alat elektronik keluaran LG selalu mengikuti perkembangan jaman sehingga masyarakat selalu ingin membeli barang-barang baru keluaran LG. Selain itu, dengan produk-produk terbaru keluaran LG, konsumen menjadi mengetahui tentang perkembangan-perkembangan elektronik yang ada di dunia. LG sendiri selalu melakukan riset agar dapat memenuhi para konsumennya. Produk LG, sekali lagi bukan hanya dikenal di Indonesia namun di Negara-negara lain seperti Jerman, Polandia, dan penjualannya juga sangat bagus di masing-masing Negara. Maka dari itu, LG merupakan salah satu produk yang diunggulkan pada pasar persaingan elektronik.


RUMUSAN MASALAH
1.      Konsep pemasaran apakah yang dipakai PT LG ?
2.      Siapakah yang menjadi segmen utama dari PT LG?
3.      Bagaimana strategi marketing mixnya ?
4.      Apa saja masalah yang dihadapi oleh PT LG?
5.      Bagaimanakah eksistensi produk-produk elektronik  yang dihasilkan oleh PT LG terutama produk televisinya untuk waktu yang akan datang ?







ISI
Dalam sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan. Inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang ditawarkan bisa bertahan dan diminati.
Bicara soal konsep pemasaran , itu merupakan salah satu konsep yang dilakukan LG . Hal ini dibuktikan dengan , konsep promosi LG yang melalui konsep ATL dan BTL. ATL adalah singkatan dari Above The Line, ATL adalah pemasaran melalui TV, majalah, radio, koran, billboard . ATL sendiri mencakup target audiens yang lebih luas karena melalui media yang langsung diketahu masyarakat. Karena melalui banyak media yang mungkin akan dilihat dan dinikmati oleh masyarakat. Dan lebih mengedapankan konsep untuk menjelaskan gagasan atau ide kepada konsumen , dan tidak ada interaksi secara langsung kepada audiens. Berbeda dengan ATL, BTL lebih banyak berinteraksi secara langsung kepada audiens,namun sayangnya target audiens yang dijaring terbatas . Hal ini disebabkan, pemasaran lewat BTL melalui  Event, Sponsorship, Sampling, Point-of-Sale (POS) materials, Consumer promotion, Trade promotion, dll. Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli. BTL adalah singkatan dari Below The Line . Sehingga perpaduan dari konsep ATL dan BTL membuat pemasaran LG semakin kuat dan tidak tertandingi.
Selain konsep pemasaran LG  juga menggunakan konsep produksi. Hal ini dibuktikan dengan LG selalu mengembangkan konsep produksinya. Dibuktikan dengan LG selalu mengelurkan produk dengan inovasi yang inovatif, yang cepat dan dapat membaca keinginan konsumen dan perkembangan jaman. Karena mengetahui konsumen Indonesia lebih mengedepankan desain daripada fungsi, maka untuk pasar Indonesia , LG selalu membuat gebrakan baru yang lebih mengedepankan pada desain dan kualitas yang mumpuni. Berbeda dengan konsumen dari Negara barat yang lebh menyukai fungsinya yang bagus dan beragam dibandingkan dengan desainnya.
 Segmen yang dituju oleh  PT  LG adalah semua kalangan. Hal ini disebabkan karena PT  LG selalu membuat produk dengan harga yang beragam dan variatif tergantung dari jenis dan spesifikasinya. Jadi pada kalangan menegah ke bawah dan menengah ke atas, semuanya dapat menikmati produk keluaran dari LG .Namun dewasa ini, LG lebih fokus mengembangkan segmen pasar menengah atas, dengan memberikan diferensiasi yang jelas, mulai dari tipe produk dan spesifikasi tekhnologi yang ada didalamnya. Hal ini dilakukan untuk memperjelas posisi LG dengan kompetitor, salah satunya melalui televisi tiga  dimensi (3D) terbaru.
LG  tidak meninggalkan pasar segmen menengah dan kecil, tetapi pasar tersebut sudah terlalu ketat kompetisinya,setelah produk Cina masuk
LG memutuskan untuk memperbesar pasar menengah ke atas, sembari mempertahankan pasar konsumen yang sangat sensitif terhadap harga produk.
Marketing Mix dari LG ;
1.      Price
Harga yang dipatok oleh LG dalam produk handphone, berkisar dari 300.000 rupiah sampai dengan 5.000.000 rupiah. Sedangkan untuk produk televisi berwarna tipe CRT , LG mematok harga mulai dari 460.000 rupiah untuk televisi 14 inci sampai dengan 2.000.000 rupiah . Untuk televisi LCD , LG mematok harga 2.000.000 rupiah sampai dengan 10.000.000 tergantung dari besar incinya. Untuk televisi LED sendiri yang merupakan produk terdepan dari LG yang menjadi pioner utama ini 6.000.000 rupiah sampai 40.000.000 rupiah. Begitu juga dengan produk elektronik lainnya , LG selalu mengeluarkan produk , dengan spesifikasi harga yang mencakup semua kalangan konsumen. Maka dari itu mangsa pasar atau segmen pasar yang dituju LG sangat luas dan mencakup semua kalangan.

2.      Place
Faktor terpenting lain, dari kesuksesan sebuah produk adalah jaringan kantor cabang, distribusi dan service yang menjangkau seluruh Indonesia. Saat ini, LG memiliki lebih dari 100 dealer yang menjadi mitra distribusinya. Disebut dealer, karena mereka lebih banyak menjual produk LG, dibandingkan merek lainnya. Untuk para dealer ini, LG memberikan treatment khusus, salah satunya, menempatkan sales promotion person yang sangat paham tentang produk LG di dealer tersebut. Selain itu, para dealer akan diberitahukan terlebih dahulu bila LG membuat produk baru, dan diberi produk knowledge. Untuk jaringan pasca jual atau service, saat ini LG memiliki lebih dari 65 direct service center , dan 200 authorize service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, LG baru saja meluncurkan LG service bus, yang bergerak untuk memberikan layanan pasca jual di berbagai tempat strategis. Ke depannya, untuk menambah jaringan pasca jual, LG sudah menyiapkan dana 9 milyar rupiah. Demikian juga kantor pemasaran, tahun lalu hanya memiliki 24 kantor cabang pemasaran, tahun ini akan membuka kantor di Balikpapan dan Kendari, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjajaki wilayah Ambon dan Lombok.

3.      Produk
LG memiliki banyak varian produk, mulai dari alat elektronik sampai alat komunikasi. Alat-alat elektronik yang dikeluarkan LG antara lain, DVD Blu-ray player,plasma TV, Home Theater System, LCD monitor, LED TV, CRT TV , AC, LCD TV, Lemar Es, Mesin Cuci, Microwave. Dari produk-produk tersebut , LG sudah mampu menguasai pasar produk elektronik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dominasi LG pada peralatan rumah tangga, seperti lemari es (28%), mesin cuci (21%), AC ( 30%), DVD player (18%), Blu-ray player (54%), Home Theater System (42%), dan untuk kategori TI seperti monitor LCD (36%) , bahkan untuk kategori TV,LG berhasil menyapu bersih posisi leader di berbagai varian.Pada kategori TV berpannel layar datar, TV LCD TV (29%), TV plasma (43%), TV LED (34%) , dan TV CRT atau TV tabung sebesar (34%). Bila dilihat dari persentase, LG sangat kuat di bagian TV-nya , bahkan LED menjadi pioner pertama TV berbasis LED , yang kemudian banyak ditiru oleh produk-produk perusahaan lain.

4.      Promotion
Biaya yang dikeluarkan dalam hal promosi, adalah sebesar 5% dari total penjualan produk. Promosi yang dilakukan PT LG sangat beragam, salah satunya adalah dengan menempatkan sales promotion person di setiap dealer LG. Setiap sales promotion person ini, akan diberitahu lebih dahulu, apabila LG ingin meluncurkan produk baru, dan juga diberi produk knowledge. Tak lupa berbagai promo special, juga diberikan kepada dealer untuk menarik minat konsumen datang di gerainya. Sedangkan untuk iklan, LG Indonesia difasilitasi oleh kantor  pusat oleh Korea, termasuk pemilihan rekanan agency.
Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga kualitas dan memilih rekanan yang reputasinya sudah diakui secara internasioal. Misalnya media placement, dipilih Mind Share, sebagai mitranya, dan untuk kreatif agency, dipilih Young and Rubicam (Y&R) . Saat ini, iklan LG menggunakan ambassador dari luar Negeri yaitu Boyband terkenal Super Junor (SuJu) dari Korea, entah kebetulan atau tidak , boyband yang beranggotakan 13 personil ini , tengah digandrungi oleh kawula muda termasuk di Indonesia. Jadi, tak mengherankan, awarness LG berhasil meningkat berkali-kali lipat, berkat duta merek yang sedang beradi di puncak popularitasnya tu. Selain itu , iklan LG juga sering muncul di televisi, hal ini disebakan LG memang aggressive dalam hal periklanan. Dan membuat Brand Image dalam masyarakat.


Masalah yang dihadapi LG adalah persaingan dari produki lain yang tidak kalah gencar memberikan gempurannya di dunia perelektronikan Indonesia. Terutama dari produk Samsung dan Sony  yang sama-sama sudah memiliki konsumen setia di Indonesia. Selain dari gempuran merk terkenal LG juga menghadapi gempuran dari merk-merk China yang banyak muncul di Indonesia yang muncul di segmen menengah bawah.

Kemudian tantangan terberat LG adalah harus selalu mengerti kemauan konsumen  yang selalu berubah. Jika LG ingin tetap menjadi pioneer, maka LG harus selalu mengembangkan kualitas dan jenis produk yang diproduksi.

Eksisitensi LG ke depannya akan tetap baik dan terjaga, hal ini disebabkan karena LG telah membentuk brand image tersendiri di masyarakat Indonesia. Selain itu kemampuan LG dalam hal melihat dan memperkirakan pangsa pasar sangat baik. Sehingg LG selalu mampu menguasai pasar. Kerja keras yang selalu dilakuklan oleh LG dalam hal menungkatkan kualitas dan juga memenuhi keinginan konsumen akan membuat pelanggan selalu setia dengan produk yang dikeluarkan oleh LG.






PENUTUP DAN REKOMENDASI
Kesimpulan dari pembahasan di atas mengenai PT LG , adalah PT LG  telah mampu mengibarkan eksisitensinya di Indonesia, sehingga banyak produknya yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dan luar negeri. Ini semua tidak lepas dari peran LG yang terus menerus melakukan inovasi untuk produknya , sehingga banyak sekali mengeluarkan varian-varian alat elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu LG juga sudah mampu membaca keinginan pasar, misalkan kalau masuk ke pasar Indonesia , LG harus membuat sesuatu yang multifungsi, berdesain dinamis , dan berharga kompetitif . LG sudah berhasil memasuki semua kalangan pasar dan produk-produknya dapat dinikmati oleh seluruh konsumen. Selain itu LG menjadi pelopor  TV LED yang sekarang menjadi trend setter . Maka dari itu , selain mngusung jurus-jurus seperti , mengembangkan produk inovatif sesuai keinginan pelanggan, rajin meluncurkan produk-produk terbarunya, agresife menggarap pasar melalui berbagai kannal komunikasi seperti ATL , BTL, serat pemasaran digital yang digarap sendiri oleh tim-nya, memiliki kontur pemasaran dan distribusi serta jaringan pasar jual yang tersebar di seluruh Indonesia, memberikan treatment khusu untuk jaringan dealer yang menjadi mitra distribusinya, seperti menempatkan sales promotion person dan memberikan promo special di gerai dealer. Bila hal itu tetap dusung, tentunya LG akan terus dan terus dapat menguasai pasar elektronik Indonesia dan luar negri.
            Rekomendasi untuk LG adalah sebagai berikut :
1.      Walaupun kita ketahu LG sudah bagus dalam TV LCD, sebaiknya LG lebih memikirkan pada elektonik lain seperi handphone dan notebook-nya.
2.      Iklan LG seharusnya tidak hanya mengacu paling dominan pada televise saja, walaupun produk TV yang banyak menyumbang pembelian dari konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar